Kelebihan senaman squat - Senaman mencantikkan postur badan



Senaman squat. Senaman yang paling mudah. Nak kuatkan otot kaki, kempiskan perut dan dapatkan postur badan yang cantik dan fit boleh amalkan senaman squat. Tak perlu ruang besar buat dalam rumah tepi katil pun boleh.

Squat boleh dibuat guna beban dan tanpa beban. Sumber gambar : saya sendiri 😅😂

Manfaat/kelebihan  SQUAT

1. Membakar lemak dan kalori

Squat merupakan gerakan yang yang aktif dan dinamis sehingga membuat gerakan ini menjadi gerakan yang bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh secara efektif. Manfaat inilah yang membuat squat adalah gerakan waajib bagi anda yang sedang dalam program diet untuk membakar lemak.

Sumber gambar : google

2. Meningkatkan mass otot

Pola gerakan yang menggerakkan otot-otot akan membuat produksi hormon testosteron meningkat. Dengan meningkatnya hormon testosteron  ketika melakukan squat maka mass otot pun juga akan ikut berkembang karena dijana oleh hormon tersebut.

3. Membentuk otot kaki

Squat adalah gerakan yang menggunakan otot tubuh bagian bawah. Diantara otot tubuh bagian bawah yang berperan paling aktif adalah otot kaki yang terdiri dari otot pantat, otot paha bagian depan, otot paha bagian belakang, serta otot betis. Dengan bekerjanya otot-otot tersebut maka secara automatik otot-otot tersebut juga akan terbentuk dan semakin kencang.

4. Meningkatkan kekuatan

Seperti manfaat senaman lainnya, squat juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Squat membuat massa otot meningkat dan otot menjadi lebih kencang sehingga hal ini akan membuat kekuatan kita menjadi meningkat. 

5. Meningkatkan Keseimbangan

Keseimbangan adalah faktor penting untuk mendukung aktiviti  kita sehari-hari. Sering aktiviti  kita sehari-hari memaksa kita untuk berdiri dengan satu kaki atau membawa beban ketika bergerak. Gerakan-gerakan seperti itulah yang memerlukan keseimbangan tubuh kita. Dengan squat, kita akan membuat tubuh lebih seimbang karena squat akan meningkatkan koordinasi otak dan otot.

6. Meningkatkan kelenturan

Beberapa dari kita mungkin memiliki otot yang kaku sehingga sulit melakukan pergerakan. Gerakan squat yang memaksa tubuh kita untuk jongkok akan membuat otot-otot kaki kita semakin fleksibel dan mempermudah kita dalam melakukan berbagai gerakan.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Squat membuat tubuh anda bergerak dan membuat fisik anda bekerja secara baik. Gerakan-gerakan yang timbul pada tubuh akan meningkatkan metabolisme tubuh anda sehingga proses pencernaan, pembuangan racun, dan pemanfaatan nutrisi akan semakin meningkat.

8. Mengurangi risiko cedera

Selain manfaat-manfaat diatas, squat juga dapat meningkatkan ketahanan otot yang lemah, ligamen, persendian serta jaringan ikat yang mana dengan meningkatnya ketahanan bagian-bagian tersebut maka risiko cedera pada tubuh kita akan berkurang.

9. Meningkatkan kemampuan fizikal dalam beraktiviti

Dengan meningkatnya kekuatan otot, kelenturan, keseimbangan, metabolisme tubuh dan sebagainya maka hasil akhir dari gabungan manfaat-manfaat diatas yaitu membuat kemampuan fisik kita yang meningkat dan mempermudah kita dalam beraktivti. Dengan itu kita akan dapat melakukan kegiatan yang sebelumnya sulit kita lakukan.

10. Meningkatkan produksi hormon testosteron dan produksi sperma.

Manfaat yang terakhir adalah manfaat yang banyak orang tidak tahu yaitu bahwa squat dapat meningkatkan produksi sperma. Meningkatnya produksi sperma adalah akibat dari meningkatnya produksi hormon testosteron. Dengan meningkatnya produksi sperma maka kesuburan lelaki pun akan meningkat.

Berikut adalah senaman squat yang boleh dilakukan menggunakan dumbell sahaja. Ia lebih mudah boleh guna 1 atau 2 terpulang pada anda.


Nampak lebih mudah dan fleksibel boleh dipelbagaikan gerakannya. Di rumah pun boleh buat tanpa pergi ke gym.

Itulah 10 manfaat squat versi (sumber:Get Fit ID.) Walaupun tampak sederhana namun banyak sekali manfaatnya. Jika anda selama ini selalu memfokuskan melatih tubuh bagian atas anda, sekaranglah saatnya anda melatih tubuh bagian bawah anda dengan squat dan dapatkan seluruh manfaat tersebut.


3 ulasan:

  1. Senaman yang betul dapat menyihatkan badan

    BalasPadam
  2. Semasa training bola sepak, coach ajar senaman ini juga selain berlari pusing padang..

    BalasPadam

Peringatan mesra: Saya amat menghargai komen anda namun komen yang ditinggalkan tertakluk pada Akta 588 SKMM. Komen dengan ilmiah dan berhemah. Yang indah itu bahasa dan tak rugi kongsi ilmu bersama.

Keep comments respectful and follow our community guideline.

Dikuasakan oleh Blogger.